Polisi Tidur ini Bisa Menghasilkan Listrik

Speed bump atau biasa dikenal dengan polisi tidur adalah sebuah alat yang dipasang di jalan raya yang bertujuan untuk memperingati pengendara untuk mengurangi kecepatan kendaraan bermotornya. Dengan meningkatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor di Indonesia dewasa ini, para peneliti sudah mulai melakukan penelitian mengenai jenis pembangkit terbarukan yang ramah lingkungan. Salah satu penelitian yang sedang dikembangkan adalah speed bump yang dapat menghasilkan energi listrik.

Speed bump dirancang dengan menggabungkan dua metode penghasil energi listrik yaitu generator listrik dan piezoelektrik. Prinsip kerja dari alat ini adalah memanfaatkan pergerakan tuas yang dapat menggerakan generator dan menekan material piezoelektrik sehingga dapat menghasilkan listrik.

Dari hasil pengujian yang ada speed bump dengan menggunakan metode generator listrik telah menghasilkan daya listrik sebesar 5 watt per sekali tekan, dan tegangan maksimum yang dihasilkan pada metode piezoelektrik sebesar 13.47 volt.

Berikut adalah desain hasil karya Nur Aditya Rizali dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa, M. K., M. T.

Piezoelektrik