EPES UI Berpartisipasi dalam HLN 2015

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menyelenggarakan rangkaian seminar dan pameran dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN) pada tanggal 3 sampai 5 November 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Acara ini merupakan puncak dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2015. Pameran ini didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) serta PT PLN (Persero).Pameran ini mengusung tema “Kedaulatan Energi Nasional untuk Pembangunan Berkelanjutan” dan dibuka secara resmi oleh Menteri ESDM Sudirman Said. Pameran serta seminar ini berfokus pada persiapan semua sektor dalam rangka mendukung tercapainya program 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah.

epes
Menteri ESDM Sudirman Said melihat stand EPES UI, (Foto : jakartaforum.co.id)

Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 70 tahun ini disiapkan secara khusus untuk memberikan Inspirasi bagi semua pemangku kepentingan didalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan sarana ketenalistrikan nasional sebesar 35.000 Megawatt, demikian disampaikan ketua umum MKI Supangkat Iman Santoso sebagai pihak penyelenggara seminar dan pameran Hari Listrik Nasional. Secara khusus, Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan harapannya agar mindset para penyelenggara tenaga listrik mulai berubah untuk menggunakan teknologi energi terbarukan.

Berbagai perusahaan diundang untuk memamerkan kemajuan teknologi yang dapat mendukung tercapainya program 35.000 MW. Di antara peserta pameran tersebut, PT PLN (Persero) mendapat ruang pameran yang cukup besar dan mereka menunjukkan keseriusannya dalam mendukung program 35.000 MW dengan proyek mikrohidro sebesar 1000 MW yang direncanakan akan beroperasi di tahun 2019. Hal ini juga didukung dengan upaya anak perusahaan PT PLN (Persero) seperti PT PJB dengan pengoperasian PLTS di Cirata yang merupakan PLTS terbesar di Jawa.

Dalam pameran ketenagalistrikan ini, Menteri ESDM Sudirman Said juga menekankan mengenai pentingnya peranan kampus dan mahasiswa dalam mendukung perkembangan teknologi dan mencapai target 35.000 MW. Dalam rangka mencapai tujuan itu, maka pameran ketenagalistrikan ini mengundang beberapa universitas untuk memamerkan berbagai kegiatan penelitian dan perkembangan yang berhasil dicapai pada bidang tenaga listrik dan energi. EPES sebagai grup riset Universitas Indonesia yang bergerak di bidang energi dan tenaga listrik turut serta berpartisipasi dalam pameran ketenagalistrikan ini.

Memamerkan berbagai poster hasil penelitian serta alat Early Warning System, stand EPES cukup mengundang perhatian pengunjung pameran. Menteri ESDM pun turut berkunjung dan memberikan semangat bagi EPES untuk terus mengembangkan penelitian dan riset di bidang energi agar dapat memenuhi kebutuhan energi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bersama menerangi negeri.