Daya Listrik Peralatan Elektronik saat Standby

Seberapa sering Anda mencabut charger baterai handphone setelah digunakan? Bagaimana dengan peralatan elektronik yang seolah telah dimatikan tetapi dalam posisi siaga (standby)? Apakah mereka tetap mengkonsumsi daya listrik?

Adalah Ir. Amien Rahardjo, MT, Kepala Laboratorium Tegangan Tinggi dan Pengukuran Listrik (LTTPL-EPES UI) yang melakukan pengukuran alat-alat elektronik yang sering dipakai oleh kita sehari hari dalam keadaan standby atau tidak berbeban.

Amien menemukan bahwa peralatan-peralatan elektronik tersebut tetap mengkonsumsi listrik meski sedang tidak digunakan dengan nilai tertinggi sebesar 8.4 W.  Daya tersebut dipakai untuk mensuplai kebutuhan peralatan elektronik internal dari alat itu sendiri. Berikut adalah hasil pengukuran LTTPL-EPES UI pada 13 peralatan listrik :

daya stanby

Jadi, dengan mengetahui nilai konsumsi daya listrik pada peralatan standby diatas, ada baiknya Anda mencabut/mematikan peralatan peralatan tersebut setelah selesai digunakan untuk menghemat biaya listrik yang Anda keluarkan. Selamat berhemat!