The 2nd EPES Seminar Series

EPES akan mengadakan the 2nd Seminar Series dengan pembicara Nurhan Rizqy Averous, M.Sc atau yang biasa dipanggil Riki. Riki adalah alumni DTE angkatan 2003 yang telah lama bekerja di Jerman. Saat ini Riki sedang menyelesaikan program doktoralnya di RWTH Aachen University dengan mengambil topik penelitian dibidang elektronika daya (power electronics).

Berikut adalah abstrak dari seminar yang akan dibawakan oleh Riki.Untuk menjawab permasalahan pemanasan global akibat perubahan cuaca dunia, energi terbarukan seperti tenaga angin dan surya terus dikembangkan sebagai alternatif dari sumber energi fosil dalam mengurangi emisi karbon. Untuk mencapai integrasi dan operasi yang efisien dari pembangkit listrik energi alternatif tersebut di jaringan listrik, elektronika daya merupakan teknologi kunci di berbagai aspek. Selain itu, tranformasi energi menuju energi alternatif juga membuka peluang untuk transformasi jaringan listrik menuju sistem yang lebih fleksibel dan efisien. Perkembangan teknologi semikonduktor sebagai inti dari teknologi elektronika daya memungkinkan hidupnya kembali ide dari Thomas Alfa Edison, yaitu aplikasi listrik arus searah untuk sistem tenaga listrik. Trafo elektronik yang beroperasi pada frekuensi medium dapat menghemat penggunaan bahan baku (tembaga dan baja) secara signifikan serta meningkatkan efisiensi transmisi. Trafo elektronik yang dapat diaplikasikan di berbagai level tegangan sistem ini juga dapat dikonstruksi secara modular serta dapat mengatur aliran daya secara aktif, suatu fungsi penting dalam system tenaga listrik dengan pembangkitan terdistribusi (distributed generations).

Selain akan membawakan topik elektronika daya, Riki juga akan menjelaskan mengenai belajar di Jerman, cara mendapatkan beasiswa dan tips-triknya. Acara seminar ini akan dilaksanakan di Gedung Kuliah K.206, hari Jum’at 09 September 2016, pukul 09.00 – 11.30 WIB. ¬†Silakan hadir bagi yang berminat, terbuka untuk umum.