Home Back Login Help/Faq
Welcome
 

For Lecturers

 

Pengumuman
Prosedur Penggunaan Lab. di masa pandemi COVID-19
(unduh PDF)  Form. izin: (unduh DOCX)
Lowongan KP Online di DTE di masa COVID-19
(unduh PDF)  Prosedur utk Lab.: Konversi, Telkom
Panduan & Prosedur Sidang Online di masa COVID-19
(poster 1)
(poster 2)
Selamat Datang. Website ini digunakan untuk keperluan:
  • Mahasiswa
    1. KP, Seminar, Skripsi
    2. Tesis, Penilaian Publikasi Ilmiah
    3. Penilaian Publikasi Ilmiah, MK Khusus S3 yang memerlukan sidang
    4. Yudisium/pendaftaran kelulusan
  • Dosen
    1. KP (melihat jadwal sidang, mengunduh berkas yang dibutuhkan)
    2. Seminar/Skripsi/Tesis/MK Khusus S3 (melihat isian dan memilih mahasiswa yang mengajukan pembimbingan, melihat jadwal sidang, mengunduh berkas yang dibutuhkan)
Anda mahasiswa yang belum tahu/lupa password? Kirim Password
Kerja Praktik (KP)
  • Prosedur pelaksanaan.
  • Dokumen yang perlu disiapkan
    1. Surat permintaan slot KP ke perusahaan, bila perusahaan membutuhkan. Mahasiswa meminta DTE untuk membuatkan surat ini dengan cara mengisi form ini, dan setelah surat tersebut siap, Mahasiswa menyampaikannya ke perusahaan.
    2. Lembar Evaluasi & Log Pelaksanaan KP. Log diisi setiap hari. Lembar evaluasi diisi dan ditanda tangani pembimbing harian dan utama, dan distempel perusahaan, dan setelah sidang akan ditanda tangani dan distempel pihak DTE.
    3. Lembar pengesahan laporan KP, harus ditanda tangani pembimbing harian dan utama, dan distempel perusahaan, dan setelah sidang akan ditanda tangani dan distempel pihak DTE.
  • Cara upload laporan KP
  • Tidak bisa melihat jadwal sidang KP? Jadwal Sidang KP Bila nama Anda muncul lebih dari satu namun dengan penguji dan jadwal yang sama, harap abaikan.
  • Bila terjadi perubahan judul &/ abstrak, Anda wajib mengupdatenya di website ini, karena SIAK akan memakai data dari website ini.
  • Teknis pelaksanaan sidang pada masa pandemi COVID-19:
    1. Mahasiswa membuat video rekaman presentasi KP (durasi max 10 menit, tampilkan wajah dan slide-nya) dan membuatnya bisa diakses dari internet dengan sebuah link (misal dengan mengunggahnya di Youtube).
    2. Mahasiswa mengirim file (a) laporan KP, (b) lembar pengesahan, (c) log harian, (d) lembar nilai dari perusahaan, (e) presentasi, dan (f) link video presentasi ke email para penguji, maksimal 36 jam sebelum sidang.
    3. Para penguji mengunduh form penilaian dan berita acara sidang.
    4. Mahasiswa membuat sebuah team di Microsoft Teams, dan meng-invite para penguji.
    5. Sidang berisi tanya jawab, tanpa presentasi, kecuali bila penguji memerlukannya. Seluruh sesi sidang harap direkam (akan otomatis tersimpan di Microsoft Stream).
    6. Beberapa mahasiswa yang dijadwalkan pada waktu yang sama harap bergabung dalam meeting sejak awal hingga akhir. Meskipun demikian, bila diperlukan, penguji berhak meminta mahasiswa yang tidak sedang disidang untuk leave.
    7. Selama sidang, mahasiswa tidak diperkenankan berkomunikasi dengan siapapun, baik offline maupun online, kecuali atas seizin dan sepengetahuan penguji.
    8. Salah satu penguji mengumpulkan isian nilai dan menjadikannya dalam 1 file, lalu mengirimnya ke email sekretariat. Tanda tangan basah akan dimintakan di kemudian hari.
  • Seminar
  • Prosedur pelaksanaan.
  • Pedoman format penulisan.
  • Dokumen yang perlu disiapkan
    1. Form evaluasi bimbingan (tidak perlu fom persetujuan sidang)
    2. Lembar pengesahan
  • Bila terjadi perubahan judul &/ abstrak, Anda wajib mengupdatenya di website ini, karena SIAK akan memakai data dari website ini.
  • Khusus masa pandemi COVID-19: Sidang dilakukan secara online dengan pembimbing masing-masing. Setiap mahasiswa harap menyiapkan form ini dan mengirimnya ke pembimbing untuk diisi dan ditanda tangani.
  • Skripsi/Tesis/MK Spesial S3
  • Prosedur pelaksanaan.
  • Pedoman format penulisan.
  • Dokumen yang perlu disiapkan
    1. Form evaluasi bimbingan & persetujuan sidang
    2. Lembar pengesahan sebelum sidang
    3. Lembar pengesahan setelah sidang mengikuti format UI (lihat Pedoman format penulisan di atas)
  • Jadwal sidang: Jadwal Sidang Skripsi/Tesis/MK Khusus S3
  • Bila terjadi perubahan judul &/ abstrak, Anda wajib mengupdatenya di website ini, karena SIAK akan memakai data dari website ini.
  • Lulus sidang Skripsi/Tesis bukan berarti lulus studi. Kelulusan studi ditentukan melalui Yudisium.
  • Yudisium
    • Merupakan proses pemeriksaan calon dan penetapan lulusan. Diawali di tingkat departemen, fakultas, lalu universitas.
    • Yudisium berikutnya: 2019/2020 Genap - Tahap II. Untuk mengikutinya, mahasiswa harus:
      • mengunggah kelengkapan berkas pasca sidang di http://ee.ui.ac.id/online/mhs_semta (login dulu. atau bila halaman tersebut bermasalah, upload di http://ee.ui.ac.id/d-office dan login dengan SSO):
        • Scan lembar catatan perbaikan skripsi/tesis/desertasi yang telah ditandatangani lengkap (sebagai Supporting document)
        • Buku skripsi/tesis/desertasi final (PDF, sudah ditandatangani seluruh penguji dan pembimbing)
        • Buku skripsi/tesis/desertasi final (MsWord/editable)
        • File Presentasi (PPT/editable bukan PDF)
        • Data hasil penelitian (zip, sebagai supporting document, sesuai arahan pembimbing)
        • Naskah ringkas format IEEE (5-15 halaman, MsWord/editable)
      • mengisi form yudisium paling lambat 3 Agustus 2020 (karena akan dicek dulu di tingkat departemen. Pengumpulan di atas tgl 3 Agustus beresiko data terselip).
    • Bila diperlukan, pengurus Yudisium akan menghubungi Anda. Pastikan email yang terdaftar di IDM SIAK aktif dan Anda periksa, termasuk di kotak spam. Dan pastikan nomor HP yang terdaftar di IDM SIAK bisa menerima pesan WhatsApp.
    • Info Yudisium (poster)
    • Bila dinyatakan lulus dalam yudisium, Mahasiswa wajib melakukan prosedur luring di Lt. 1 Gd. S FTUI berupa verifikasi, tanda tangan, scan, dan penyerahan ijazah dan transkrip:
      • Profesi, S2, S3: 26 Agustus 2020.
      • S1 Paralel: 27 Agustus 2020.
      • S1 Reguler, S1 KI: 28 Agustus 2020.
      • Semua Prodi:29 Agustus 2020.
    Penilaian Publikasi Ilmiah (S2)

    Prosedur:

    • Mengirim form yang telah diisi dan lampiran kelengkapannya ke sekretariat.elektroui@gmail.com
    • Konferensi: kelengkapan berkas:
      • paper
      • cover proceeding
      • daftar isi/jadwal presentasi dari proceeding/program book
      • sertifikat sebagai author/presenter
      • foto saat presentasi (screenshot apabila presentasi daring)
      • bukti bahwa paper sudah terpublikasi (misalnya IEEEXplor)
      • bukti bahwa paper sudah terindeks (misalnya Scopus)
    • Jurnal: kelengkapan berkas:
      • paper
      • cover jurnal dan halaman yang menampilkan informasi ISSN
      • daftar isi jurnal pada edisi yang bersangkutan
      • bukti bahwa paper sudah terindeks SCOPUS atau SINTA



    Best View with Mozilla Firefox


    YUDISIUM

    Informasi Yudisium Semester Genap 2019/2020

    Setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan kewajiban dan memenuhi sayarat untuk lulus HARUS mendaftar untuk mengikuti proses yudisium. Proses ini terdiri atas pengecekan berkas dan rapat penetapan kelulusan.
    1. PRASYARAT:
      1. TELAH LULUS ATAU SEDANG MENGAMBIL
        1. KP (S1 Reg)
        2. SEMINAR (S1)
        3. PUBLIKASI ILMIAH (S2)
        4. SKRIPSI/TESIS
      2. MENGISI FORMULIR YUDISIUM DI ELEKTRO ONLINE
      3. Menyerahkan:
        1. Bebas tunggakan SPP (bagi penerima beasiswa sekalipun)
        2. Surat keterangan bebas pinjaman buku dari perpustakaan UI
        3. Bukti pengajuan ijazah dari PAF
        4. Telah upload buku tesis/skripsi dan kelengkapan dokumen lainnya ke Elektro Online (symfony) dan UI
        5. Mengisi form dari SIAK yang ditanda-tangani diatas materai
    Bagi mahasiswa yang telah/sedang mengambil KP, SEMINAR, SKRIPSI ingin LULUS semester ini harap melakukan hal dibawah ini
    Sebelum Yudisium Departemen Sesudah dinyatakan LULUS di Yudisium Fakultas
    Deadline Sekretariat ONLINE system Deadline Perpustakaan Sekretariat ONLINE system
    3 Aug 2020
    Ditiadakan semasa Covid19
    1. Mengisi FORMULIR Yudisium

    2. Memastikan kelengkapan berkas-berkas untuk MK khusus.

     

     


    - lembar bukti kelengkapan dari ONLINE
    - FC KTP
    - FC Ijazah sebelumnya
    - FC Akta lahir

     

    Mencetak lembar bukti kelengkapan KP/SEMINAR/
    SKRIPSI/TESIS

    Lihat Jadwal Perpus FT Ketentuan semasa Covid19:
    link1
    link2
       



    Mata Kuliah Spesial - Semester Genap 2019/2020

    Dikarenakan banyaknya mahasiswa yang mengambil SKS Skripsi & Tesis di semester ini, harap upayakan agar bisa sidang lebih awal.

     

    Pembagian dosen pembimbing dapat dilihat di halaman ini, dengan ketentuan:

    • by default halaman tersebut menampilkan data yang diusulkan oleh mahasiswa dan dosen (bisa saja berbeda dengan yang ditetapkan).
    • untuk melihat data yang sudah ditetapkan, centang "Data Asli (unclick untuk data pengajuan)" dan klik "Filter".

    Timeline S1:

     Berkas Waktu Presentasi  Sebelum Presentasi  Sesudah Presentasi  
    Deadline Submit ke sekretariat Upload ke EE-Online Deadline Submit ke sekretariat Upload ke EE-Online
    1. KP
    (prosedur)

    23 Mar - 10 Apr 2020

    (online semasa Covid19) 

    20 Mar 2020

    Ditiadakan semasa Covid19

    - Scan lembar nilai dan log(dengan TTD pemb. harian & pemb. utama & stempel perusahan)
    - Laporan (PDF) 
    - Melengkapi ABSTRAK, JUDUL 

    panduan upload

       

     

    2. Seminar
    (prosedur)

    Oleh dosen masing-masing

    Max. 24 Jul 2020
          17 Jul 2020

    Log bimbingan, form evaluasi bimbingan (persetujuan sidangnya tidak pelru), form nilai (oleh pembimbing)

    - Final script (PDF)
    - Final script asli (DOC dlm ZIP)
    - PPT slide

    3. Skripsi
    (prosedur)

    23 Mar - 24 Jul 2020

    10 Jul 2020 jam 12:00 siang

    Semasa Covid19:
    Semua berkas yang disubmit ke Online sistem harap diemail ke sekretariat.elektroUI@gmail.com

    - Log bimbingan
    - Form evaluasi bimbingan
    - Form persetujuan sidang
    - Final Script (PDF) dengan pengesahan*
    - Melengkapi ABSTRAK, JUDUL

    24 Jul 2020

    Disimpan pembimbing dan dikumpulkan usai masa Covid19:
    - FC lembar pengesahan**
    - Lembar Persetujuan Perbaikan***

     

    - Revised Final Script lengkap (PDF & DOC)
    - PPT slide
    - Format Paper (PDF & DOC)

    * Lembar pengesahan tanpa TTD (atau e-TTD) penguji
    ** Lembar pengesahan dengan TTD (atau e-TTD) penguji, setelah revisi disetujui penguji
    *** Lembar perbaikan diisi pembimbing saat sidang, diberikan ke mahasiswa untuk ditindaklanjuti, ditunjukkan ke pembimbing & penguji bersama hasil revisi


    Timeline S2:

     Berkas Waktu Presentasi  Sebelum Presentasi  Sesudah Presentasi  
    Deadline Sekretariat Online System Deadline Sekretariat Online System
    1. Publikasi Ilmiah

    Tidak ada Presentasi

    Formulir : Lembar permohonan, paper, acceptance letter, dokumentasi seminar, dll 

    2. Thesis 23 Mar - 24 Jul 2020 10 Jul 2020 jam 12:00 siang Semasa Covid19:
    Semua berkas yang disubmit ke Online sistem harap diemail ke sekretariat.elektroUI@gmail.com

    - Log bimbingan
    - Form evaluasi bimbingan
    - Final Script (PDF) dengan pengesahan*
    - form persetujuan sidang
    - Melengkapi ABSTRAK, JUDUL

    24 Jul 2020

    Disimpan pembimbing, dikumpulkan usai masa Covid19:
    - FC lembar pengesahan**
    - Lembar Persetujuan Perbaikan***

     

    - Revised Final Script lengkap (PDF & DOC)
    - PPT slide
    - Format Paper (PDF & DOC)

    * Lembar pengesahan tanpa TTD (atau e-TTD) penguji
    ** Lembar pengesahan dengan TTD (atau e-TTD) penguji, setelah revisi disetujui penguji
    *** Lembar perbaikan diisi pembimbing saat sidang, diberikan ke mahasiswa untuk ditindaklanjuti, ditunjukkan ke pembimbing & penguji bersama hasil revisi