Seminar Photonics, Lasers, Optical Technologies and Applications (PLOTA)

Seminar Photonics, Lasers, Optical Technologies and Applications (PLOTA)

image
By meis On Wednesday, September 08 th, 2021 · no Comments · In

Seminar Photonics, Lasers, Optical Technologies and Applications (PLOTA) adalah salah satu seminar internasional yang menghadirkan pembicara-pembicara bereputasi di dunia. PLOTA dihadirkan dalam rangka memperingati Hari Cahaya Internasional 2021. Universitas Indonesia (UI) lewat Departemen Teknik Elektro (DTE) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dengan bangga menyelenggarakan seminar PLOTA ini pada pada hari Selasa, 6 Juli 2021 dan Selasa, 27 Juli 2021.

Pada kesempatan kali ini, hadir sebagai pembicara utama yaitu Prof. Gérard Mourou, salah satu peraih Nobel Fisika di tahun 2018. Beliau bersama-sama dengan Prof. Donna Strickland menemukan chirped pulse amplification yaitu teknik yang digunakan untuk membuat pulsa laser ultrashort dengan intensitas yang sangat tinggi (multi-petawatt).

Seminar ini terdiri dari dua (2) sesi dimana sesi pertama adalah sesi workshop (diadakan pada tanggal 6 Juli 2021) sedangkan sesi kedua (yang diadakan pada tanggal 27 Juli 2021) adalah merupakan sesi khusus dimana Prof. Gerard Mourou sharing tentang perkembangan terkini di dunia PLOTA yang sedang terjadi. Seminar ini dibuka oleh Dekan FTUI Dr.Hendri DS. Budiono yang menjelaskan bagaimana peran FTUI sebagai salah satu institusi kelas dunia yang terus berupaya menghadirkan riset-riset berkualitas yang dapat diimplementasikan di masyarakat. 

Untuk sesi workshop yang diadakan pada tanggal 6 Juli 2021, disamping mendengarkan pemaparan dari beberapa pembicara kelas dunia seperti Dr. Veselin Aleksandrov (dari Vlucan Central Laser Facility, UK), beberapa hasil penelitian di dunia PLOTA dijabarkan secara detil oleh peneliti-peneliti yang diundang dan terpilih sebagai pembicara di sesi ini. Ada dua tema besar yang diangkat yaitu: (i) Bagaimana aplikasi PLOTA di dunia Healthcare, Telekomunikasi, dan Pertahanan Keamanan serta (ii) Bagaimana aplikasi PLOTA di dunia industri lainnya yang sesuai.

Beberapa poin yang menarik yang dapat diambil sebagai pembelajaran dari Sesi pertama PLOTA ini antara lain adalah:

  • Banyak sekali advancement di dunia PLOTA dan salah satunya adalah di dunia kesehatan dimana laser telah makin banyak dipergunakan (dinamakan terapi laser) untuk menyembuhkan pasien-pasien yang membutuhkannya
  • Space laser juga nantinya akan merevolusi dunia pertahanan keamanan dimana akan ada model komunikasi baru berdasarkan teknologi yang sedang aktif dikembangkan ini
  • Advancement terkait dengan Petawatt Laser System juga dibahas terutama hasil-hasil penelitian yang dilakukan dari salah satu institusi R&D di bidang laser dunia yang terkenal yaitu Vulcan Central Laser Facility di UK. 
  • Informasi juga diberikan terkait roadmap atau peta jalan tentang 10 Peta-watt User Experience yang diharapkan dapat dilakukan di pertengahan Q1-2023 dan selesai pada akhir April 2024. 
  • Selain dunia kesehatan dan pertahanan, advancement di dunia laser juga banyak bermunculan. Salah satunya adalah teknologi laser (yang dinamakan dengan LiDAR) saat ini dipergunakan untuk memonitor kondisi atmosfir bumi. Bahkan sistem LiDAR ini dapat dipergunakan di lebih dari 50 aplikasi yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat.

Adapun untuk poin-poin pembelajaran terkait dengan Sesi Kedua PLOTA yang merupakan intisari dari kuliah ataupun sharing session yang diberikan oleh Prof. Gerard Mourou akan diberikan pada deskripsi dari YouTube yang berbeda. 

PLOTA ini direncanakan untuk terus diadakan setiap tahunnya. Banyak materi-materi yang menarik yang dapat diambil baik oleh para mahasiswa pascasarjana, dosen, peneliti maupun praktisi-praktisi yang berkecimpung di dunia PLOTA. Bahkan sebagaimana dinyatakan oleh Dr. Aries Subiantoro yang menutup acara seminar internasional ini, diharapkan akan lebih banyak lagi riset-riset kolaborasi di antara para praktisi yang berasal dari negara-negara yang berbeda. 

Untuk mengetahui lebih detil tentang hal-hal tersebut, silahkan mengklik tautan yang diberikan berikut ini. Selamat menimba ilmu dan patuhi selalu Protokol Kesehatan.

About