Kerja Sama

Dalam hal kerjasama dengan instansi lain yang ada di dalam negeri, terdapat banyak kerjasama yang berupa pengujian, pengukuran, kajian, konsultasi, seminar dan workshop pada bidang yang relevan dengan Teknik Elektro. Sebagai contoh :

  1. LG Electronics Indonesia
  2. Pengkajian Energi Universitas Indonesia
  3. Pemerintah Kota Depok
  4. LKFT UGM
  5. PLN
  6. Forum Teknik Elektro Indonesia
  7. Pengukuran dan Pengujian Antenna
  8. IEEE

Dalam hal kerjasama dengan instansi lain di luar negeri, terdapat banyak kerjasama dengan instansi dan lembaga pendidikan/riset dalam bentuk pelatihan, joint research, double degree, dan student exchange. Sebagai contoh :

  1. CISCO Networking Academy
  2. Shizuoka University
  3. Chiba University
  4. Universite Haute Alsace
  5. Universite Lille
  6. Universite Blaise Pascal
  7. Ecole Central
  8. University of Duisburg Essen
  9. National Taiwan University of Science and Technology
  10. University of Queensland
  11. Sydney University
  12. Queensland University of Technology

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama

Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kerjasama dilakukan oleh kedua belah pihak seperti yang dituangkan dalam MoU dan perjanjian implementasi. Evaluasi dilakukan oleh kedua belah pihak dalam periode yang ditetapkan dalam MoU atau perjanjian implementasi dimana dari hasil evaluasi kerjasama dapat dihentikan atau diteruskan.

 

 

Hasil Kerjasama yang Saling Menguntungkan

Hasil dari kerjasama dapat dilihat dari sejumlah lulusan dengan gelar ganda yang mampu untuk bekerja atau meneruskan studinya di luar negeri. Mahasiswa lulusan luar negeri tentu lebih mudah untuk bekerja di perusahaan multinasional. Sementara bagi universitas mitra, mereka memperoleh keuntungan berupa internasionalisasi program pendidikan, penambahan jumlah tenaga periset/publikasi, serta memperoleh pendanaan penelitian yang lebih besar dari pihak sponsor atau pemerintah setempat. Contoh universitas yang terlibat dalam kerjasama ini antara lain :

  1. Shizuoka University, Jepang
  2. Chiba University, Jepang
  3. Universite Haute Alsace, Perancis
  4. Universite Lille, Perancis
  5. Universitat Duisburg Essen, Jerman
  6. National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan

Dari kerjasama Ventura/UP2M DTE dengan industri Teknik Elektro di dalam negeri berdampak terhadap meningkatnya kemampuan dosen dan mahasiswa dalam menerapkan bidang ilmu. Di lain pihak terdapat peningkatan kesejahteraan sivitas akademika di lingkungan Departemen Teknik Elektro. Sementara jasa layanan yang diberikan UP2M berupaya memecahkan permasalahan yang dihadapi instansi mitra. Contoh instansi yang terlibat dalam kerjasama ini antara lain :

  1. LG Electronics Indonesia
  2. Pengkajian Energi Universitas Indonesia
  3. Pemerintah Kota Depok
  4. LKFT UGM
  5. PLN

Terdapat juga kerjasama berupa pengadaan suatu pelatihan/workshop/seminar. Pengadaan kegiatan ini tentunya dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kompetensi. Contoh instansi yang terlibat dalam kerjasama ini antara lain

  1. Chiba University, Jepang
  2. Pertamina Hulu Energi
  3. Tiga Bintang Nusantara
  4. LEMSANEG
  5. Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI)
  6. Shizuoka University, Jepang
  7. CISCO