Antennas Propagation & Microwave Research Group (AMRG)

Di Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia, berbagai aktivitas penelitian dilakukan oleh beberapa grup peneliti di berbagai bidang Teknik Elektro dan Elektronika serta Teknik Komputer. Salah satu bidang penelitian utama di Departemen Teknik Elektro adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terdiri dari beberapa grup peneliti pada berbagai aplikasi untuk pengembangan TIK di Indonesia.

Salah satu grup peneliti yang secara berkesinambungan melakukan penelitian di bidang TIK adalah Antennas Propagation & Microwave Research Group (AMRG). Grup penelitian ini dibentuk pada tahun 1998 dan hingga saat ini tetap antusias melakukan penelitian pada penerapan elektromagnetika di bidang TIK dan di bidang lainnya, seperti teknik biomedik, penginderaan jauh, radar dan lain sebagainya. AMRG secara berkelanjutan hingga saat ini telah menerima berbagai pendanaan penelitian baik dari skema pendanaan internal universitas maupun dari skema pendanaan penelitian yang disediakan oleh pemerintah.

Dengan dukungan dari berbagai skema pendanaan yang didapat tersebut, maka telah mampu dihasilkankarya penelitian dengan melibatkan lebih dari 40 mahasiswa per tahun yang terlibat di dalam semua program perkuliahan (Sarjana, Magister, dan Doktoral) dan telah dihasilkan publikasi lebih dari 150 paper di konferensi dan jurnal baik di tingkat nasional maupun internasional.  Suasana akademik dan penelitian yang terkondisikan dengan baik di Departemen Teknik Elektro FTUI dan khususnya di AMRG menunjukkan bahwa keberlanjutan sumber daya manusia yang terlibat di dalam penelitian selalu terjaga dengan baik hingga saat ini.

Untuk memberikan kontribusi pada aplikasi di bidang TIK, AMRG fokus pada teknologi nirkabel (wireless) sebagai visi di masa depan seperti ditunjukkan pada Gambar 1. Kami berencana untuk mengembangkan dan meningkatkan fasilitas laboratorium terkait bidang antenna, propagasi, teknologi gelombang mikro, tera dan cahaya di Universitas Indonesia untuk merealisasikan mimpi kami. Tentu saja tujuan tersebut akan dapat tercapai dengan dukungan secara penuh dari berbagai pihak pemangku kepentingan(stakeholder) baik dari lingkungan akademis, seperti staf akademik dan mahasiswa, maupun non-akademis, seperti pemerintah dan industri.

Roadmap AMRG

Roadmap AMRG

Riset yang sedang berjalan:

  • RF, Microwave dan millimeterwave
  • Radar VTS Antenna
  • MIMO Antenna
  • Beam steering
  • Rectenna
  • Microwave Imaging dan MRI
  • UAV Antenna

 

Ke depan mengembangkan penelitian dan pengembangan fasilitas laboratorium terkait;

  • RF, microwave dan millimeterwave,
  • Terahertz dan Lightwave

Dengan berperan untuk mengembangkan aplikasi antenna dan komponen dan sirkit pada spectrum frekuensi RF sd lightwave. Digambarkan pada blok diagram diatas.

Peneliti:

Prof. Dr. Ir. Eko Tjipto R, M.Sc.

Dr. Fitri Yuli Z, M.Sc.

Dr. Catur Apriono, S.T., M.T., Ph.D.

Dr. Basari, S.T., M.Eng.