Kemahasiswaan

IMEKeterlibatan mahasiswa dalam berbagai komisi dituangkan dalam organisasi kemahasiswaan ditingkat universitas, fakultas dan departemen. Untuk tingkat universitas, berikut adalah organisasi kemahasiswaan yang dapat diikuti :

1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) adalah lembaga legislatif kemahasiswaan tertinggi di tingkat universitas. Anggota MPM dipilih langsung oleh mahasiswa UI, seperti halnya dengan Ketua BEM.

2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas, dan berfungsi sebagai lembaga eksekutif.

3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat para mahasiswa. Unit-unit tersebut antara lain UKM Seni, UKM Olah raga, UKM Bela diri, dan UKM lainnya (Wira Makara, Mapala, Pramuka dan lain-lain).

Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Fakultas

1. Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM)

Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) adalah lembaga kemahasiswaan yang memiliki fungsi sebagai lembaga perwakilan bagi mahasiswa di setiap fakultas dan berfungsi sebagai lembaga legislatif.

2. Senat Mahasiswa Fakultas

Senat Mahasiswa Fakultas adalah lembaga kemahasiswaan yang bertindak sebagai lembaga eksekutif tertinggi di tingkat fakultas. Secara fungsional, Senat Mahasiswa Fakultas umumnya berada di bawah BPM.

Organisasi Tingkat Departemen

Ikatan Mahasiswa Jurusan (IMJ)

Fungsi HMJ adalah sebagai wadah organisasi jurusan untuk pengembangan segi akademik, intelektualitas, bahkan profesionalisme dari mahasiswa jurusan yang bersangkutan. Kedudukannya dalam lembaga kemahasiswaan di fakultas biasanya bersifat koordinatif.

Kegiatan ekstra kurikuler di Departemen Elektro mempunyai kegiatan khusus yang diperuntukan bagi mahasiswa Departemen Elektro, yaitu Exercise dan IEEE SBUI. Exercise adalah unit kegiatan yang berorientasi pada bidang elektronika, komputer dan ketenaga listrikan, sebagai wadah untuk memperdalam bidang kekhususan elektro diluar jam kuliah. Sedangkan IEEE SBUI merupakan Sebuah lembaga yang menaungi semua mahasiswa anggota IEEE dan memfasilitasi member IEEE di UI. Aktifitas lembaga ini membantu mahasiswa dalam penulisan ilmiah berstandar internasional yang dapat dimanfaatkan untuk mengikuti berbagai kegiatan dan publikasi ilmiah seperti konferensi dan jurnal. Selain itu, bekerjasama dengan Exercise dan Bidang Ristek IME mengikuti berbagai kompetisi di bidang elektro dan teknologi informasi.